Tuesday, 25 June 2013

Cara Pemasaran yang Efektif

Inbound Marketing
Dewasa ini, banyak perusahaan yang lebih memilih memasarkan produknya dengan cara Inbound Marketing dibandingkan outbound marketing. Outbound marketing sudah jarang dipakai karena dianggap tidak terlalu efektif. Contoh yang mudah adalah iklan produk di televisi.
Ketika melihat sebuah iklan produk kecantikan di televisi, audiens tidak lagi merasa tertarik dengan produk tersebut. Parahnya, mereka malah memilih cepat-cepat menggantinya dengan saluran lain yang lebih menarik. Meskipun masih ada yang memakainya, outbound marketing tidak lagi menjadi pilihan pemasaran yang efektif.

Ketika kita membuka halaman Twitter atau Facebook dan menemukan akun Twitter atau Facebook dari produk yang kita sukai, kita cenderung menyukai atau mengikutinya dengan sukarela. Keinginan untuk menjadi pelanggan setia dari produk tersebut semakin meningkat apabila suatu saat mention atau komentar kita ditanggapi oleh admin dari akun tersebut. Secara tidak sadar, sebenarnya kita sudah menjadi target empuk dari pemasaran produk tersebut. Pemasaran melalui akun Facebook atau Twitter inilah contoh dari inbound marketing.

Loyalitas pelanggan adalah suatu hal yang mahal. Oleh karena itu, pemasaran melalui media sosial yang selalu berhubungan dengan masyarakat adalah cara paling efektif karena informasi mengenai produk langsung diterima langsung oleh konsumen. Sedikit kemungkinan konsumen akan menolak cara pemasaran ini karena cara ini tidak mengganggu konsumen. Jika konsumen tidak berkenan, mereka tinggal meng-unfollow atau meng-unfriend akun dari produk.
Sumber..

No comments:

Post a Comment